Gaya Hidup

Ternyata Punya Hubungan Buruk dengan Ibu Berdampak pada Fisik Anak saat Dewasa

Penanusa.com – Ada satu dampak dari hubungan kurang harmonis antara anak dan ibu, yakni secara fisik anak tersebut akan mengalami obesitas.

Itu dibuktikan dari hasil penelitian ilmuan sejak dulu. Tak sekadar memengaruhi mental, ternyata fisik pun ikut terdampak.

Bukti Penelitian, Ibu yang Bekerja Memiliki Anak-Anak yang Sukses di Masa Depan
Melansir dari fimela.com, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal kesehatan Pediatrics menemukan, bahwa hubungan buruk dengan ibu membuat anak lebih cenderung mengalami obesitas saat remaja hingga dewasa.

Peneliti melacak data dari 977 anak yang lahir pada tahun 1991 dan terdaftar dalam Study of Early Child Care and Youth Development, melihat bahwa mereka yang memiliki ikatan emosional yang buruk dengan ibu semasa anak-anak, ternyata memiliki risiko dua kali lebih besar mengalami obesitas di usia 15 tahun. Itu dibandingkan anak-anak yang memiliki hubungan baik dengan ibunya.

Dalam penelitian tersebut juga disebutkan, bahwa hubungan emosional dengan kualitas paling rendah dengan ibunya di mulai usia 3 tahun, ternyata 26% lebih rentang mengalami obesitas, dibandingkankan mereka yang pernah lebih dekat dengan ibunya yang hanya memiliki 13% kemungkinan mengalami obesitas.

Ketua penelitian, Sarah Anderson dari Ohio State University mengatakan bahwa hubungan antara obesitas anak remaja hingga dewasa kemungkinan disebabkan oleh tingkat stres anak yang tinggi dan kacaunya metabolisme tubuh karena merasa tidak tenang. Pada akhirnya anak mencari pengalihan emosi dengan cara makan.

Jika Sahabat Fimela mungkin mengalami obesitas saat ini, coba ingat-ingat apakah kamu pernah memiliki hubungan buruk dengan ibu. (*)

Pos Terkait

Back to top button