Gaya Hidup

Tetap Fit di Tengah Pandemi, Berikut Beberapa Olahraga Yang Dapat Dilakukan di Rumah

Penanusa.com Olahraga banyak macamnya. Tidak harus dilakukan di luar ruangan, di dalam ruangan pun kita tetap bisa berolahraga. Apalagi di tengah pandemi covid-19 seperti ini, kita tetap harus menjaga kebugaran tubuh.

Badan Kesehatan Dunia (WHO) pun mengampanyekan #HealthyAtHome atau #SehatdDiRumah lewat kegiatan fisik di tengah pandemi. Menurut WHO, olahraga tak hanya bermanfaat untuk kesehatan fisik, tapi juga mental. Jenis olahraga di tengah pandemi yang disarankan adalah yang bersifat individual dan bisa dilakukan di rumah sendiri tanpa melibatkan banyak orang. Dengan demikian, risiko penularan virus corona bisa ditekan. Berikut beberapa olahraga individual dan juga dapat dilakukan di rumah :

  • Jumping jack

Olahraga ini bisa dilakukan dimanapun dan kapan pun serta tidak memerlukan peralatan khusus. Cara melakukan olahraga ini adalah dengan cara berdiri dengan kedua kaki lalu melompat dan kedua tangan keatas hampir bersentuhan. Kemudian melompat lagi sambil menurunkan kedua tangan dan mengembalikan kaki ke posisi semula.

  • Plank

Plank merupakan olahraga yang terlihat simpel namun pada prakteknya tidaklah mudah. Cara melakukan plank yaitu tubuh lurus menghadap ke matras, topang tubuh dengan kedua lengan membentuk sudut 90 derajat. Siku dan ujung kaki menjadi tumpuan. Posisi tubuh mesti lurus horizontal, tarik otot perut ke dalam. Lalu pertahankan posisi selama beberapa detik. Ulangi dan tingkatkan durasi plank secara berkala.

  • Sit up

Tidak jauh beda dengan plank, sit up juga termasuk olahraga sederhana yang bisa dilakukan dimana saja. Cara melakukan sit up yaitu posisi berbaring, tekuk lutut dengan telapak kaki menempel di lantai. Lebar kaki setara dengan pinggul. Kemudian, kedua tangan memegang bagian belakang kepala membentuk sudut. Sambil membuang napas, dorong bagian atas tubuh ke atas hingga tegak. Sambil menarik napas, balik ke posisi berbaring semula. Saat melakukan sit up, pandangan harus lurus.

Jangan jadikan pandemi sebagai penghalang untuk tidak melakukan olahraga tapi justru bisa memberikan motivasi tambahan lantaran dapat membantu meningkatkan kebugaran. Masih banyak olahraga lain yang bisa dilakukan di rumah secara individual.

Baca juga : Para Pasutri Perlu Tahu, Waktu Terbaik Bercinta dan Manfaatnya

Pos Terkait

Back to top button