Nasional

Tim Polairud Baharkam Polri dan Relawan Gabungan Distribusikan Air Bersih di Kota Palu

Baharkam Hebat! – Tim dari Polairud Baharkam Polri, Polairud Polda Sulawesi Tengah, PDAM Lutra, PAM Palopo, dan Damkar Morowali, distribusikan air bersih untuk memenuhi kebutuhan warga pascabencana di Kota Palu, Sulteng, Minggu, 7 Oktober 2018.

Pukul 11.00 WITA, bertempat di Mako Polairud Polda Sulteng, telah berlangsung kegiatan pelepasan tim relawan gabungan untuk mendistribusikan air di Kota Palu pascabencana.

Kegiatan tersebut dipimpin langsung oleh Kasubdit Patwal Air Ditpolair Korpolairud Baharkam Polri, Kombes Pol Makhruzi Rahman SIK, MH, bersama Dirpolairud Polda Sulteng Kombes Pol Toni Ariadi SIK, MH, sekaligus memberikan arahan kepada tim relawan gabungan.

Kendaraan yang digunakan tim relawan gabungan untuk mendistribusikan air bersih sebanyak tiga unit roda enam (R6) dan satu unit roda (R4), dengan nomor polisi sebagai berikut:
1. DP 8636 TB (PAM Palopo)
2. DD 9051 (PDAM Lutra)
3. DN 8757 U (Damkar Morowali)
4. DN 1202 CE (Pengawal)

Selanjutnya tim relawan gabungan menuju ke lokasi sasaran untuk mendistribusikan air bersih.

– Pukul 12.30 WITA, tiba di Mapolda Sulteng Jalan Sukarno Hatta Kelurahan Walang Kuni Kec Palu Timur dan diterima langsung oleh Pamenwas AKBP Ahmad.

– Pukul 14.00, tiba di Posko Relawan FORPA Palopo bertempat di Asrama Polres Palu Jalan Pemuda Kelurahan Besusu Tengah Kec Palu Timur Kota Palu dan diterima langsung oleh Ketua Relawan Forum Pencinta Alam (FORPA) Palopo, Awal.

– Pukul 14. 30, tiba di Mapolres Palu Jalan Pemuda Kelurahan Besusu Tengah Kec Palu Timur Kota Palu dan diterima langsung oleh Bajaga Bripka Frengki.

– Pukul 15.00, tiba di Posko Relawan Lutra Jalan Ahmad Dahlan Kelurahan Besusu Kec Palu Timur Kota Palu dan diterima langsung oleh Ketua Relawan Posko Lutra, Syahril.

– Pukul 15. 30, tiba di Jalan Tombolotutu Kelurahan Talise Kec Palu Timur Kota Palu dan diterima langsung oleh warga sekitar.

– Pukul 17.00, tiba di Mapolda Sulteng lama, Jalan Sam Ratulangi No 78 dan diterima langsung oleh Kajaga Mako Iptu Cahyono.

– Pukul 18.00, tiba di Posko Relawan AABI dan diterima langsung oleh koordinator relawan, Agus Budono, Jalan Jabal Nur Taman Kota Kelurahan Talise Kec Palu Timur Kota Palu.

– Pukul 19.30, tiba di BTN Bumi Rofiga Kelurahan Tondo Kec Mantikulore dan diterima langsung oleh warga sekitar

Kegiatan tersebut berakhir pukul 20.00 WITA dan berlangsung dalam keadaan aman, tertib, serta terkendali.

Berdasarkan fakta-fakta di lapangan yang terpantau oleh tim, dapat dilaporkan catatan sebagai berikut:

– Secara umum Kecamatan Palu timur sebagian besar warga sangat membutuhkan pasokan air bersih sementara PDAM Kota Palu belum beroperasi pascagempa dan tsunami.

– Untuk Kelurahan Tondo Kecamatan Mantikulore Kota Palu perlu perhatian khusus karena pascagempa dan tsunami sampai sekarang belum pernah tersentuh pasokan air bersih karena selama ini hanya mengandalkan PDAM Kota Palu sementara PDAM Kota Palu masih belum beroperasi.

[AKP Bambang AS]

Pos Terkait

Back to top button