Nasional

Tutup Silatnas Da’i Kamtibmas, Ini Pesan Kabaharkam Polri

 

Penanusa.com – Kepala Badan Pemelihara Keamanan (Kabaharkam) Polri, Komjen Pol Drs Moechgiyarto SH, M.Hum, secara resmi menutup kegiatan Silaturahmi Nasional (Silatnas) Da’i Kamtibmas, Rabu (18-07-2018) pagi.

Silatnas Da’i Kamtibmas telah berlangsung selama tiga hari, Senin-Rabu, 16-18 Juli 2018, bertempat di Hotel Bidakara Jakarta.

Kegiatan mengangkat tema “Kita Wujudkan Pemilu 2019 yang Aman dan Damai”. Diikuti 389 peserta dan 41 pendamping dari 34 provinsi di Indonesia.

Sejumlah akademisi juga ikut serta dalam kegiatan yang diselenggarakan oleh Korps Pembinaan Masyarakat (Korbinmas) Baharkam Polri ini, di antaranya Rektor UIN Riau Prof Dr KH Akhmad Mujahidin, Rektor IAIN Palangkaraya Dr Ibnu Pelu SH, MH, dan Rektor UNAIR Surabaya Dr Suko Widodo.

Dalam pelaksanaannya, kegiatan ini diisi dengan diskusi panel yang menghadirkan narasumber dari Kementerian Agama RI, Majelis Ulama Indonesia (MUI), Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), Komisi Pemilihan Umum (KPU), Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), dan Bareskrim Polri.

Tak hanya itu, para peserta juga diajak untuk mengunjungi Masjid Istiqlal dan berkesempatan mendengarkan tausiyah dari Imam Besar Masjid Istiqlal.

Dalam amanatnya saat ceramah penutupan, Kabaharkam Polri menyampaikan sejumlah pesan kepada para peserta. Berikut isi pesannya:

1. Tingkatkan terus jalinan silaturahmi antara kita dan dengan pihak-pihak lain agar syiar agama dan pesan Kamtibmas dapat tersampaikan dengan baik kepada masyarakat;

2. Optimalkan kepedulian terhadap lingkungan sekitar, khususnya apabila ada isu-isu negatif yang berkembang di masyarakat, hendaknya dapat meluruskan sehingga tidak berkembang menjadi gangguan kamtibmas;

3. Kembangkan terus dakwah yang menyejukkan bagi masyarakat, sehingga masyarakat memiliki persepsi yang baik kepada kita, dengan harapan masyarakat semua dapat berpartisipasi aktif dalam mendukung terciptanya situasi kamtibmas yang kondusif bagi penyelenggaraan Pemilu 2019.

“Setelah selesai kegiatan Silaturahmi Nasional Da’i Kamtibmas ini, para da’i akan kembali ke wilayah masing-masing, kami mengucapkan selamat jalan, teriring doa semoga selamat sampai tujuan, dan sampaikan salam hormat saya kepada keluarga,” ungkap Komjen Pol Moechgiyarto. [AKP Bambang AS]

Pos Terkait

Back to top button