Nasional

Ubah Mindset Perwira Lulusan Akpol, Kabaharkam Polri Tekankan Pentingnya Fungsi Pencegahan

 

Penanusa.com – Kepala Badan Pemelihara Keamanan (Baharkam) Polri, Komjen Pol Drs Moechgiyarto SH, M.Hum, memberikan pembekalan kepada Taruna Akademi Kepolisian (Akpol) angkatan ke-49, Selasa (26-06-2018).

Pembekalan diberikan dalam rangka Pembekalan Akhir Taruna Akpol Tingkat IV Angkatan ke-49 Detasemen Prawira Hirya Tahun 2018, yang bertempat di Auditorium Paramartha Akpol, Semarang, Jawa Tengah.

Pembekalan akhir yang diberi tema “Melalui Pendidikan Pembentukan Perwira Polri, Akpol Siap Mewujudkan Perwira Polri yang Promoter Dalam Rangka Mendukung Pembangunan Nasional” itu sendiri digelar selama tiga hari, 25-27 Juni 2018.

Dalam kesempatan tersebut, Kabaharkam Polri memberikan pembekalan tentang Strategi Baharkam Polri Dalam Rangka Pemeliharaan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Harkamtibmas).

Komjen Pol Moechgiyarto juga menjelaskan tentang struktur organisasi serta tugas pokok dan fungsi Baharkam Polri, dengan titik tekan pada fungsi Harkamtibmas untuk mewujudkan keamanan dalam negeri yang mantap dan kondusif.

“Keamanan yang mantap dan kondusif dapat memicu menggeliatnya dunia usaha melalui datangnya investasi, baik dalam maupun luar negeri. Hal ini akan mendorong berjalannya pembangunan nasional dan tercapainya kesejahteraan rakyat,” terang Komjen Pol Moechgiyarto.

Berdasarkan hal tersebut, Kabaharkam Polri ingin menekankan agar calon Perwira Polri lulusan Akpol memahami arti penting Tupoksi Baharkam Polri sebagai miniatur Polri dalam pelaksanaan tugas operasional yang mengedepankan tindakan preemtif dan preventif.

Oleh karena itu, Komjen Pol Moechgiyarto berharap, lulusan Akpol ke depan dapat mengubah mindset-nya dan tidak terjebak pada pemahaman sesat bahwa menjadi Polisi selalu harus di fungsi lalu lintas (Lantas) dan reserse.

“Kami akan mengubah mindset itu, bahwa fungsi pencegahan sangatlah penting, sesuai dengan filosofi ‘Polisi Bukan Hanya Sekadar Profesi, di Polri-lah Tempat Mengabdi untuk NKRI,'” ungkap alumni Akpol tahun 1986 peraih anugerah bintang Adhi Makayasa tersebut.

Tak lupa, Kabaharkam Polri mengajak kepada calon Perwira Polri tersebut untuk dapat bergabung di jajaran Baharkam Polri, di mana terbuka kesempatan yang baik untuk mengabdi pada negara lewat sentuhan yang lebih humanis, yakni Polisi sebagai pelindung, pengayom, dan pelayan masyarakat.

“Jajaran Baharkam Polri menunggu darma dan baktimu!” seru Komjen Pol Moechgiyarto. [AKP Bambang AS]

Pos Terkait

Back to top button