Nasional

Ulama Jakarta Imbau Masyarakat Patuhi Protokol Kesehatan

Penanusa.com – PWNU DKI Jakarta menggelar kegiatan Multaqo Ulama Jakarta bertempat di Yayasan Arrahmah Center, Jalan Raya Bogor Nomor 9, Cijantung, Jakarta Timur, Kamis, 26 November 2020.

Menurut Ketua Tanfidziyah PWNU DKI Jakarta, KH Samsul Ma’arif, kegiatan ini digelar sebagai bentuk kepedulian ulama Jakarta terhadap kondisi sosial-masyarakat yang sedang dihantam badai pandemi COVID-19.

“Berangkat dari pesan keagamaan sebagai rahmat bagi seluruh alam, maka kegiatan ini ingin menegaskan bahwa ulama Jakarta selalu memikirkan kemaslahatan bagi masyarakat Indonesia, khususnya bagi warga Jakarta,” kata KH Samsul Ma’arif dalam keterangan persnya.

Dalam pertemuan ini, para ulama Jakarta mengajak semua lapisan masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan demi meminimalisasi persebaran virus Corona di tengah masyarakat.

Sehubungan dengah kegiatan keagamaan yang melibatkan massa, para ulama mengimbau untuk tidak mengadakannya jika tidak diperlukan. Jika tetap harus diadakan, maka pihak penyelenggara diwajibkan untuk berkoordinasi dengan berbagai pihak terkait dan selalu mematuhi protokol kesehatan, baik soal jumlah massa, tempat, dan alat kesehatan yang dibutuhkan.

“Para ulama Jakarta mendukung kebebasan berpendapat dan berekspresi. Namun, kebebasan tersebut harus diimbangi dengan kesadaran akan ketertiban dan keamanan bagi masyarakat yang lebih luas. Karena, ada kaidah yang menegaskan: kebebasan seseorang dibatasi oleh kebebasan orang lain,” ungkap KH Samsul Ma’arif.

“Oleh sebab itu, berbagai ekspresi keagamaan diwajibkan untuk selalu mempertimbangkan ketertiban, keamanan, dan kenyamanan masyarakat luas,” tegasnya.

Kegiatan yang menerapkan protokol kesehatan ketat ini dihadiri oleh puluhan tokoh agama. Hadir juga Habib Jindan bin Novel bin Salim Jindan dan Kapolda Metropolitan Jakarta Raya (Metro Jaya), Irjen Pol Fadil Imran.

Pos Terkait

Back to top button