Nasional

Wakapolri Buka Rakernis Baharkam Polri Tahun 2019

Baharkam Promoter! – Badan Pemelihara Keamanan (Baharkam) Polri menggelar Rapat Kerja Teknis (Rakernis) Tahun 2019 di Ballroom Hotel Mercure Convention Center Ancol, Jakarta, Selasa-Jumat, 26 Februari-1 Maret 2019.

Rakernis yang mengusung tema “Implementasi Strategi Baharkam Polri dalam Mencegah Gangguan Kamtibmas Guna Pengamanan Pemilu 2019 dan Pembangunan Nasional” ini dibuka oleh Wakapolri Komjen Pol Drs Ari Dono Sukmanto SH.

Dalam sambutannya, Komjen Pol Ari Dono Sukmanto mengingatkan, bahwa pada tahun bergulirnya pesta demokrasi ini tensi politik semakin tinggi. Di sisi lain, Polri masih dihadapkan pada berbagai bentuk gangguan Kamtibmas menonjol, sangat serius, serta meresahkan masyarakat.

“Apabila potensi gangguan Kamtibmas pada masa Pemilu 2019 tidak dikelola dengan baik, maka dikhawatirkan akan berpengaruh terhadap dinamika pertumbuhan ekonomi dan pembangunan nasional,” kata Komjen Pol Ari Dono Sukmanto.

Wakapolri mengapresiasi, pada Pemilu 2014 lalu, yang dikhawatirkan banyak pengamat dalam maupun luar negeri akan terjadi chaos, dapat dilalui Polri dengan kesiapsiagaan dan manajemen pengamanan yang matang dalam meminimalisir dan mengatasi berbagai potensi ancaman konflik.

“Pemilu tahun 2019 tentu bukan berarti tanpa cobaan. Sejak awal harus disadari bahwa setiap kontestasi politik seperti Pemilu, niscaya akan penuh dengan berbagai residu demokrasi, strategi dan intrik politik. Potensi ancaman seperti protes, unjuk rasa, bentrok antar-pendukung pasangan calon atau pendukung partai, black campaign, hoax yang beredar di media sosial, dan money politic, dikhawatirkan akan terjadi dan mengganggu kelancaran Pemilu 2019,” ungkap Komjen Pol Ari Dono Sukmanto.

Untuk menghadapi hal tersebut, terang mantan Kabareskrim Polri itu, diperlukan soliditas antar-satuan fungsi kepolisian, serta membangun kerja sama yang harmonis dengan instansi terkait dan pemangku kepentingan lainnya sesuai dengan Program Promoter: Profesional, Modern, dan Terpercaya.

Wakapolri berharap, pelaksanaan Rakernis ini dapat dijadikan sebagai momentum dalam menyusun rumusan dan penjabaran kebijakan serta lamgkah-langkah pemolisian yang komprehensif pada Korbinmas (Korps Pembinaan Masyarakat), Korsabhara (Korps Samapta Bhayangkara), dan Korpolairud (Korps Kepolisian Perairan dan Udara) jajaran Baharkam Polri.

“Fokus kegiatan Polri secara umum pada tahun 2019 ini adalah mengamankan Pemilu yang sangat penting bagi kelangsungan pembangunan nasional. Dengan demikian, Rakernis Baharkam Polri diarahkan pada sikap proaktif setiap satker dalam perannya sebagai unsur pelaksana tugas preemtif dan preventif dalam mendukung pengamanan Pemilu 2019,” pesan Komjen Pol Ari Dono Sukmanto.

Dalam pembukaan Rakernis tersebut hadir pula Kabaharkam Polri Komjen Pol Drs Moechgiyarto SH, M.Hum, para pejabat utama Mabes Polri, Dir Polair seluruh Indonesia, Dir Samapta seluruh Indonesia, Dir Binmas seluruh Indonesia, Dir Pam Obvit seluruh Indonesia, serta Kanit Satwa Polda seluruh Indonesia.

[AKP Bambang AS]

Pos Terkait

Back to top button