Nasional

Wakili Kapolri, Irwasum Polri Hadiri Peringatan Nuzulul Qur’an di Istana Negara

Penanusa.com – Pemerintah Republik Indonesia menggelar Peringatan Nuzulul Qur’an Tahun 1440 H/2019 M Tingkat Nasional, bertempat di Istana Negara, Jakarta, Selasa malam, 21 Mei 2019.

Kegiatan yang dipimpin oleh langsung oleh Presiden RI Ir H Joko Widodo ini dihadiri oleh sejumlah pejabat negara, termasuk Wakil Presiden H M Jusuf Kalla.

Dari kepolisian hadir Inspektur Pengawasan Umum (Irwasum) Polri, Komjen Pol Drs Moechgiyarto SH, M.Hum, yang mewakili Kapolri Jenderal Pol Prof H Muhammad Tito Karnavian PhD.

Turut hadir pimpinan lembaga negara, para duta besar dan kepala perwakilan asing beragama Islam, wakil ketua lembaga negara, para menteri/setingkat, anggota Dewan Pertimbangan Presiden, kepala staf angkatan, kepala lembaga non kementerian, Panglima TNI yang diwakili oleh Danjen Akademi, seluruh Menteri Kabinet, kepala lembaga pemerintahan non kementrian, staf khusus Presiden, sejumlah anak yatim, dan tokoh Islam undangan Kementrian Agama.

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi menjelaskan bahwa tradisi peringatan Nuzulul Quran di Istana Negara merupakan hasil nasihat dari para ulama, dengan menyelaraskan semangat keagamaan dan semangat kebangsaan.

“Tradisi peringatan di Istana berawal dari Presiden kesatu RI Ir Soekarno. Bung Karno mentradisikan perayaan Nuzulul Quran di Istana ini adalah atas nasihat para ulama sebagai rasa syukur atas anugerah kemerdekaan yang diberikan oleh Allah SWT kepada kita bangsa Indonesia,” kata Presiden Jokowi.

Selain itu, kegiatan ini juga diisi dengan tausiyah dari Mantan Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) TGH Zainul Majdi alias Tuan Guru Bajang (TGB). Ketua Alumni Al Azhar Mesir cabang Indonesia ini memberikan tausiyah yang mengangkat tema “Kebersamaan dalam Keberagaman Perspektif Al Qur’an”.

[Gayul]

Pos Terkait

Back to top button