Nasional

Walau Kalah Populer, Pencegahan Kejahatan Lebih Baik dari Penegakan Hukum

Baharkam Promoter! – Kepala Badan Pemelihara Keamanan (Kabaharkam) Polri, Komjen Pol Drs Moechgiyarto SH, M.Hum, memberikan keynote speech sekaligus membuka secara resmi Seminar HUT Satpam ke-38 di Mutiara Room Auditorium PTIK, Jakarta, Kamis, 7 Februari 2019.

Turut hadir dalam kegiatan ini Kakorbinmas Baharkam Polri Irjen Pol Arkian Lubis, Dirbinpotmas Korbinmas Baharkam Polri Brigjen Pol Drs Syaiful Zachri MM, para Dirbinmas Polda, pengusaha Badan Usaha Jasa Pengamanan (BUJP), praktisi/konsultan keamanan, serta mahasiswa.

Dalam kesempatan ini, Kabaharkam Polri menyampaikan keynote speech berjudul ‚ÄúPencegahan Kejahatan Sebagai Bagian Gaya Hidup Kita Sehari-hari” (Crime Prevention as Our Lifestyle).

Sebagai pembuka, Komjen Pol Moechgiyarto memberikan apresiasinya kepada panitia yang telah menjadikan pencegahan kejahatan sebagai tema seminar.

“Karena masalah pencegahan kejahatan merupakan proses untuk mencapai keberhasilan dalam meminimalisir terjadinya kejahatan. Namun kegiatan pencegahan seringkali diabaikan atau tidak populer di kalangan masyarakat, bahkan masyarakat cenderung lebih mengapresiasi hasil penegakan hukum daripada proses pencegahan kejahatan yang diekspose oleh Polri,” katanya.

Selain itu dari segi biaya, menurut Komjen Pol Moechgiyarto, pencegahan kejahatan lebih baik daripada penegakan hukum. Karena dalam pencegahan, biaya yang dikeluarkan relatif lebih sedikit dibandingkan dengan biaya apabila melakukan tindakan pengobatan atau penegakan hukum.

Selanjutnya arahan Kabaharkam Polri diisi dengan memberikan penjelasan tentang kegiatan Kepolisian dalam mencegah kejahatan, strategi Baharkam Polri dalam mencegah kejahatan, dan rekomendasi tindakan pencegahan terhadap kejahatan.

[AKP Bambang AS]

Pos Terkait

Back to top button