Waspada! Pangandaran Diguncang Gempa Tekntonik 4,7 SR

Bagikan :

Share on facebook
Share on twitter
Waspada! Pangandaran Diguncang Gempa Tekntonik 4,7 SR
Waspada! Pangandaran Diguncang Gempa Tekntonik 4,7 SR

Penanusa.com – Bencana pada awal tahun 2021 terus melanda tanah air Indonesia. Terbaru gempa bumi tektonik guncang Kabupaten Pangandaran, pada Jumat 15 Januari 2021.

Gempa bumi tekntonik dengan berkekuatan 4,7 SR tersebut terjadi pada pukul 21.17 WIB.

Menurut analisa Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gempa kali ini berkekuatan maginitudo 4.7. Adapun, episenter tepatnya berlokasi di laut pada jarak 88 km Tenggara Kabupaten Pangandaran pada kedalaman 57 kilometer.

Baca juga: Perjalanan Nabi (50), Akhir Kenabian

Kepala BBMKG Wilayah II Tangerang, Hendro Nugroho menyebut, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa ini masuk kategori gempa bumi dangkal akibat aktivitas zona subduksi Lempeng Indo-Australia yang menunjam kebawah Lempeng Eurasia.

Terkait dampak, Hendro menyatakan, sesuai yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (Shakemap) BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat, gempa ini dirasakan di wilayah Tasikmalaya, Pangandaran, dan Cisompet dengan Skala Intensitas III MMI (Getaran dirasakan seperti ada truk lewat dekat rumah).

“Di Bayongbong, Pamarican, Ciamis, Banjar Pataroman, Cipatujah, Cikajang, Cigedug, Garut dengan Skala Intensitas II MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda – benda tergantung bergoyang). Namun hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempa bumi tersebut,” katanya.

Baca juga: Perjalanan Nabi (49), Akhir Kenabian

BMKG sendiri menyatakan hingga pukul 21.35 WIB, belum terpantau adanya aktivitas gempa bumi susulan.

“Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,” tambahnya. (*)

Topik Lainya:

Kabar Terkait:

Kabar Utama:

Kabar Terbaru:

logo 120x120
Rekam Jejak Indonesia

Portal berita online terkini hari ini dari media mainstream terbaik dan terpercaya

Ikuti Kami

©2021 penanusa.com. All rights reserved.

Tentang Kami | Redaksi | Pedoman Media Siber | Privacy Policy | Hubungi Kami